Sabtu, 06 Mei 2017

SINTESIS TOTAL SENYAWA BAHAN ALAM RESERPINE

Reserpine merupakan obat yang disebutrauwolfia alkaloid. Reserpine bekerja dengan cara mengurangi jumlah zat kimia tertentu dalam otak (misalnya norepinephrine dan serotonin), yang mana membantu merendahkan tekanan darah dan mengurangi peradangan pada pasien yang memiliki masalah mental tertentu.
Reserpin (juga dikenal dengan nama dagang Raudixin, Serpalan, Serpasil) adalah alkaloid indole, [antipsikotik], dan obat antihipertensi yang telah digunakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi dan untuk menghilangkan gejala psikotik, walaupun karena perkembangannya. Obat yang lebih baik untuk tujuan ini dan karena banyak efek sampingnya, jarang digunakan saat ini. Tindakan antihipertensi reserpin adalah hasil dari kemampuannya untuk menguras katekolamin (di antara neurotransmitter monoamina lainnya) dari ujung saraf simpatis perifer. Zat ini biasanya terlibat dalam mengendalikan denyut jantung, kekuatan kontraksi jantung dan resistensi vaskular perifer
Manfaat senyawa ini yaitu sebagai agen pengobatan antipsikotik dan antihipertensif. Dalam mensintesis senyawa ini, yang harus diperhatikan adalah teknik retrosintetisnya, perhatikan gambar berikut.
Tantangan utama pada sintesis senyawa (±)-Reserpine ini adalah pada saat retrosintetik pada sistem cincin D/E yang terdapat pada intinya yang berbentuk pentasiklik, sehingga dapat ditentukan material start yang diperlukan dalam sintesis senyawa (±)-Reserpine ini. Selanjutnya untuk total sintesis dapat dilihat pada gambar berikut.
Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa untuk mensintesis senyawa (±)-Reserpine membutuhkan 15 tahap, dimana tiap-tiap tahapnya digunakan katalis, pelarut bahkan gugus pelindung tertentu sehingga menghasilkan persentasi terbentuknya produk. 
terimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga apa yang saya posting bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan masukkan ke kolom pertanyaan.
REFERENSI

Stephen F.Martin, Slawomir,G., Heinrich R dan S.A. Williamson.1985. Total Synthesis of (±)-Reserpine. J.Am.Chem.Soc.Vol 107 : 4072-4074.


24 komentar:

  1. Apa aplikasi dari hasil sintesis ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. reserpin berfungsi sebagai [antipsikotik], dan obat antihipertensi yang telah digunakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi dan untuk menghilangkan gejala psikotik,

      Hapus
  2. Apa kelebihan dari senyawa ini sehingga perlu dilakukan sintesis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. senyawa ini memiliki manfaat sebagai [antipsikotik], dan obat antihipertensi yang telah digunakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi dan untuk menghilangkan gejala psikotik, sehungga perlu disintesis.

      Hapus
    2. senyawa ini memiliki manfaat sebagai [antipsikotik], dan obat antihipertensi yang telah digunakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi dan untuk menghilangkan gejala psikotik, sehungga perlu disintesis.

      Hapus
  3. Reagen apa saja yang digunakan dalam sintesis senyawa diatas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak sekali regen yang digunakan dalam sintesis ini, seperti gugus pelindung, pengoksidasi, pereduksi, dan lain lain, untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada mekanisme reaksinya.

      Hapus
  4. apa fungsi fenen selenida dalam sintesis ini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. fenen berfungsi untuk mengubah gugus eter menjadi hidroksi pada reaksi sintesisnya.

      Hapus
  5. Katalis apa yg digunakan pada sintesis reserpine ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. katalis yang digunakan dalam sintesis ini bermacam macam, ada katalis basa, asam, katalis logam oksida, dan lain lain, dapat dilihat pada mekanisme reaksinya.

      Hapus
  6. Apakah pada sintesis senyawa reserpin ini ada penggunaaan gugus pelindung, jika ada apa saja gugus pelindung yang digunakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yaitu gugus pelindung untuk melindungi gugus oh dari reduksi. yaitu diol dan tiol.

      Hapus
  7. gugus apa yang dilindungi oada reserpine ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gugus yang dihindarkan untuk tidak terjadi reduksi seperti gugus OH

      Hapus
  8. mengapa dalam mensintesis senyawa ini, yang harus diperhatikan adalah teknik retrosintetisnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agar kita dapat mengetahui material start yang harus digunakan dalam sintesis ini dan mendapatkan metode yang paling sederhana.

      Hapus
    2. agar kita dapat mengetahui material start yang harus digunakan dalam sintesis ini dan mendapatkan metode yang paling sederhana.

      Hapus
  9. apa material strart yang digunakan dalam sintesis senyawa ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. material stat merupakan senyawa turunan fenol yang 2-butunol

      Hapus
  10. dimanakah senyawa eusiderin ini terdapat secara alami?

    BalasHapus
  11. sebutkan rekasi apa saja yang di gunakan dalam sintesis senyawa ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. reaksi adisi, claisen, subtitusi dan eliminasi

      Hapus